Senin, 07 Februari 2011

Siomay dan Bakso Berbahan Baku Ikan Sapu-Sapu???

Pernahkan Anda membayangkan bahwa siomay&bakso yang anda makan terbuat dari ikan sapu-sapu,kayak gambar disamping???Berikut saya akan menceritakannya...
seorang pencari ikan di tepi sungai Ciliwung, dekat kanal air.Feeling saya menduga, “pasti mereka mencari ikan”. Akhirnya denga santai saya menuju lokasi si Bapak yang sedang asyik menjala. Ketika si bapak selesai menyebar jala, saya pun secara langsung menyapa nya dengan kalimat “Assalamu'alaikum? Wah banyak nih ikannya”. Beliau pun langsung menjawab, “Lumayanlah”.

Saya pun melanjutkan rasa penasaran saya dengan bertanya, “boleh nggak pak lihat hasil ikan tangkapannya”. Dia menjawab, “boleh saja”. Secara spontan saya pun langsung melongok ke ember besar yang ada di samping bapak tadi. Begitu saya buka, “ya allah…kok bukan ikan biasa ya…..lho ini kan ikan sapu-sapu!!!!!!”.
Saya benar-benar kaget dan penasaran, “bukannya ikan sapu-sapu ini tidak layak dikonsumsi karena memang pemakan sisa-sisa kotoran di kolam atau sungai?”Lalu saya bertanya lagi, “ikan ikan ini mau dijual dimana? Dan buat apa sih pak?”. Dia ;angsung menjawab spontan, “ikan ini sudah ada yang pesan mas, nanti akan ada yang dating mengambilnya. Ikan ini dipakai untuk campuran “SIOMAY”, kadang “BAKSO”, dan beberapa jenis makanan lainnya yang berbahan baku ikan. Ya biasalah untuk campuran, agar lebih murah modalnya”.

Beliau pun langsung cerita,”coba mas bayangin, kalo pedagang SIOMAY menggunakan bahan bauk asli seperti ikan tuna…berapa modalnya…ikan tuna kan mahal. Jadi sebagai campurannya ya ikan sapu-sapu ini. Ikan sapu-sapu dagingnya sama dengan daging ikan tuna”.

Mendengar penuturan polos si bapak ini, saya benar-benar merinding karena selama ini saya sering makan siomay dan bakso. “apa iya bakso dan siomay yang selama ini saya makan berbahan baku ikan sapu-sapu?????? Saya benar-benar tidak pernah menduga sebelumnya.

Saya pun berjanji dalam hati untuk senantiasa ekstra hati-hati bila ingin makan bakso atau siomay atau sejenisnya, terutama bila membelinya di jalanan yang tidak diketahui pasti siapa penjualnya………hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…. Yang pasti perilaku kurang terpuji seperti ini banyak terjadi di masyarakat…bahkan mungkin disekitar lingkungan kita.
Ini cuma sekedar iseng,ya...gk pa2lah yang penting bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar